Cara Mudah Redakan Ambeien Bagi Ibu Hamil

Cara Mudah Redakan Ambeien Bagi Ibu Hamil

Ambeien saat hamil? Jangan khawatir, sebab ada cara mengobati ambeien saat hamil yang mudah dan aman. Sebagian besar ibu hamil memang ada yang sering alami sembelit, wasir, atau ambeien. Sebenarnya Anda tak perlu khawatirkan masalah tersebut, karena ambeien yang diderita oleh ibu hamil akan sembuh dengan sendirinya setelah proses persalinan nanti. Tapi jika ambeien didiamkan begitu saja, pastinya akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada ibu hamil. Bahkan jika kondisinya semakin parah, bukan tidak mungkin hal tersebut bisa mempengaruhi kehamilannya.

Cara meredakan ambeien bagi ibu hamil
Cara meredakan ambeien bagi ibu hamil

Terjadinya ambeien adalah karena adanya pembengkakkan di bagian pembuluh darah balik di sekitar anus atau dubur. Pembengkakkan yang terjadi akibat ambeien ini biasanya karena proses mengejan yang terlalu keras dan sering. Untuk mengatasi ambeien yang diderita ibu hamil, ada beberapa cara yang harus diterapkan. Apa itu? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Cara Mengobati Ambeien Saat Hamil

Memperbanyak konsumsi makanan berserat

Cara mengobati ambeien saat hamil yang pertama adalah dengan memperbanyak konsumsi makanan berserat tinggi. Pada saat ambeien atau wasir menyerang, ibu hamil disarankan untuk menambah sekitar 25 gram serat untuk dikonsumsi. Ini juga bertujuan untuk mencegah ambeien pada ibu hamil dan memastikan agar ambeien yang diderita tidak semakin parah.

Memperbanyak konsumsi air putih

Sebenarnya ada banyak sekali cara mengobati ambeien pada ibu hamil, salah satunya adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih. Ibu hamil harus mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang banyak setiap harinya. Cairan nanti akan membantu melunakkan feses dan membantunya untuk keluar lewat saluran pencernaan dengan mudah. Namun demikian, Anda juga tetap disarankan agar tidak berlebihan dalam mengkonsumsi air putih. Setidaknya Anda bisa mengkonsumsi air putih 8 gelas atau 2 liter per hari.

Olahraga di pagi hari

Meskipun Anda dalam keadaan hamil dan sakit ambeien, namun bukan berarti Anda harus malas – malasan dan meratapi sakit yang diderita. Sebaiknya Anda mencoba untuk lebih rajin lagi berolahraga di pagi hari. Tidak jauh berbeda dengan serat, olahraga ternyata juga bisa membantu makanan dan limbah bergerak lewat saluran pencernaan dengan mudah dan cepat.

Mengkonsumsi suplemen zat besi

Banyak sekali wanita hamil yang mendapat resep suplemen zat besi selama masa kehamilannya, tetapi salah satu efek sampingnya adalah sembelit yang pada akhirnya menimbulkan ambeien atau wasir. Maka dari itu Anda perlu mengkonsultasikan hal tersebut terlebih dulu kepada dokter atau bidan sebelum akhirnya menjadi semakin parah.

Mencoba sitz bath

Tahukah Anda , kalau ternyata sitz bath ini mampu meringankan atau bahkan menyembuhkan ambeien dengan cepat dan pastinya aman bagi ibu hamil. Namun demikian, apabila hal tersebut ternyata tidak bekerja dengan baik pada saat Anda coba lakukan, setidaknya Anda bisa menikmati air hangat dan relaksasi.

Melakukan pengobatan alami

Cara mengobati ambeien saat kehamilan yang lainnya adalah dengan bahan – bahan alami. Adapun bahan alami yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi ambeien diantaranya ada calendula officinalis topikal, hamamelis virginiana tpikal, prolaps dan kongesti vena.

Melakukan chiropractor

Pada dasarnya ada banyak sekali yang berkontribusi dalam perkembangan ambeien. Maka dari itu tidak ada salahnya untuk memeriksakan keselarasan sakrum dan tulang ekor. Nah, chiropractor ini merupakan jenis pengobatan pelengkap yang lebih menekankan pada diagnosis, perawatan, juga pencegahan gangguan mekanik, khususnya di bagian tulang belakang.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara mengobati ambeien saat hamil. Semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments