Sudah Tahu Bagaimana Contoh Penerapan Sistem Informasi Manajemen?

Sudah Tahu Bagaimana Contoh Penerapan Sistem Informasi Manajemen?

Sistem informasi manajemen yang juga dikenal sebagai management information system (MIS) merupakan sebuah sistem yang direncanakan guna mengumpulkan, menyimpan, serta menyebarluaskan data. Data yang dimaksud dapat berupa informasi yang dibutuhkan guna melaksanakan berbagai fungsi dari manajemen, jenis informasi satu ini sangat erat dengan mahasiswa jurusan Sistem Informasi. Berikut ini ada beberapa contoh penerapan sistem informasi manajemen dalam sebuah bisnis, diantaranya:

Enterprise resource planning (ERP)

Sistem satu ini banyak digunakan oleh perusahaan besar, namun ERP sendiri juga banyak diterapkan untuk perusahaan dalam skala kecil. Biasanya sistem ini digunakan untuk mengelola manajemen serta melakukan pengawasan, diintegrasikan antar unit di dalam sebuah perusahaan.

Supply Chain Management (SCM)

Mahasiswa yang kuliah Sistem Informasi kelas karyawan tentu tidak asing dengan supply chain management. SCM atau supply chain management merupakan sistem informasi yang sangat bermanfaat untuk manajemen khususnya. Sistem ini biasanya diintegrasikan dengan berbagai data, seperti manajemen suplai bahan baku (mulai dari pemasok, produsen, pengecer, hingga konsumen akhir).


Transaction Processing System (TPS)

Mahasiswa yang mengikuti kuliah kelas karyawan tentu tahu contoh sistem informasi manajemen satu ini. Transaction processing system atau TPS merupakan contoh sistem informasi manajemen yang berguna untuk memproses data dalam jumlah besar, juga untuk jenis transaksi yang banyak serta rutin dilakukan. Biasanya program satu ini diaplikasikan dalam manajemen gaji serta inventaris.

Office Automation System (OAS)

OAS merupakan sistem informasi manajemen yang berfungsi untuk memperlancar komunikasi antar departemen yang dalam sebuah perusahaan, caranya dengan mengintegrasikan berbagai server komputer untuk setiap user perusahaan tersebut (seperti email).

Knowledge Work System (KWS)

Sistem satu ini mengintegrasikan satu kebutuhan baru ke dalam sebuah organisasi atau entitas. Dengan adanya pengetahuan baru tersebut, diharapkan dari perusahaan tersebut bisa menerapkannya dalam pekerjaan.

Informastic Management System (IMS)

sistem satu ini memiliki fungsi sebagai pendukung spektrum berbagai tugas dalam organisasi. IMS juga bisa digunakan untuk membantu menganalisa pembuatan keputusan, selain itu sistem ini juga bisa menyatukan berbagai fungsi informasi dengan program komputerisasi (seperti eprocurement).

Decision support system (DSS)

Anak jurusan Sistem Informasi pasti tahu contoh sistem informasi satu ini, decision support system. Seorang manajer akan terbantu dengan sistem satu ini, DSS merupakan sistem informasi yang bisa digunakan dalam mengambil keputusan dengan cara mengamati lingkungan dalam sebuah perusahaan (seperti link elektronik contohnya).

Expert System (ES) dan Artificial Intelligence (AI)

Pada dasarnya kedua sistem ini menggunakan kecerdasan buatan, gunanya untuk melakukan analisa pemecahan masalah dengan bantuan pengetahuan tenaga ahli yang sudah diprogramkan ke dalamnya (Contohnya seperti sistem jadwal mekanik).

Group decision support system (GDSS) dan computer supported collaborative work system (CSCWS)

Sistem satu ini hampir sama dengan DSS, perbedaannya GDSS sendiri mencari solusi permasalahan mengumpulkan pengetahuan dalam sebuah kelompok bukan per individu. Media pengumpulan pengetahuan bisa dalam bentuk kuesioner skenario ataupun konsultasi (seperti e government).

Executive support system (ESS)

Bagi yang mengikuti kuliah kelas karyawan atau kuliah karyawan online untuk prodi satu ini, tentu tidak asing dengan Executive support system. Dengan sistem yang satu ini, terbantu dalam berinteraksi dengan lingkungan perusahaan dengan bantuan grafik serta pendukung komunikasi lainnya.

Intinya sebenarnya sistem informasi manajemen sendiri merupakan upaya sebuah perusahaan guna melakukan koordinasi melalui sebuah sistem komputer, tentunya dilakukan sedemikian rupa sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengumpulkan berbagai data serta informasi yang lebih efisien.

Sistem informasi manajemen juga merupakan sebuah pendekatan yang terorganisasi untuk mempelajari kebutuhan terkait informasi manajemen, tentunya untuk seluruh organisasi yang berada di setiap tingkatan. Fungsi dari sistem informasi manajemen sendiri adalah untuk mengambil keputusan operasional, taktis, dan strategis. Sistem yang satu ini sangat erat kaitannya dengan mahasiswa jurusan Sistem Informasi, karena untuk mengumpulkan data dibutuhkan desain sistem yang tepat untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Post a Comment

0 Comments