Ini Instruksi Dalam Melakukan Pengujian Genset

Ini Instruksi Dalam Melakukan Pengujian Genset

Test Load Genset yatu tes atau pengujian yang dilakukan untuk mengetahui keadaaan atau kondisi dari generator set. Dalam melakukan tes seharusnya diberikan kepada seseorang yang ahli di bidangnya. Tidak hanya tes saja yang dilakukan, pihak penguji juga akan memberikan solusi terbaik agar generator set atau genset dalam performa yang baik.

Instruksi –instruksi Test Load Genset

  1. Memeriksa tingkat cairan generator
Langkah pertama Test Load Genset yaitu memeriksa tingkat cairan generator. Pastikan bahwa tangki bahan bakar penuh, radiator coolant ketika generator berjenis air cooled dan tingkat minyak yang benar.
  1. Nyalakan Generator
Setelah memastikan tingkat cairan generator dalam keadaan benar, langkah selanjutnya yaitu menyalakan generator. Lihat dan dengarkan setiap masalah potensial atau suara abnormal. Ketika ada masalah maka segera dicatat dan jika masalah cukup besar maka jangan diteruskan proses pengujiannya.
  1. Menghubungkan beban
Jika tidak ada masalah atau masalahnya dalam skala kecil, maka lanjutkan pengujian dengan menghubungkan beban. Menghubungkan beban mulai dari 220 volt beban dan menambahkan lebih kecil yaitu 110 volt. Lakukan hal tersebut hingga setiap kaki membawa 50 persen dari maksimum.
  1. Memeriksa ampere dari setiap kaki
Kemudian memeriksa ampere dari setiap kaki menggunakan amperemeter dan juga tegangan menggunakan voltmeter. Jika salah satunya atau kedua kaki turun dibawah 105 volt ketika beban penuh maka tes generator gagal dan memerlukan perbaikan. Seberapa lama tes yang dilakukan tergantung pada jenis generator yang dijalankan menurut penyewaan genset.

cara test pengujian genset
cara test pengujian genset

Melakukan test load genset memang tidak mudah sehingga Anda harus menyerahkan penanganan ini pada pihak yang ahli di bidangnya. Anda dapat menyerahkan urusan tersebut kepada kami, Sewatama. Kami telah berdiri selama 27 tahun yang terjun di bidang genset baik dalam hal penjualan, penyewaan dan perbaikan.

Test Load Genset harus dilakukan secara rutin, setidaknya satu tahun sekali. Kami akan melakukan tes atau pengujian secara lebih detail dan teliti. Ketika ada yang aneh atau abnormal, kami pun akan memberikan solusi terbaik untuk dilakukan.

Post a Comment

0 Comments