Rekomendasi Daftar Susunan Acara Akad Nikah di Masjid yang Umum di Masyarakat

Rekomendasi Daftar Susunan Acara Akad Nikah di Masjid yang Umum di Masyarakat

Banyak orang yang tetap ingin melangsungkan pernikahannya meskipun di masa pandemi seperti sekarang ini. Melaksanakan akad di masjid pun dapat menjadi alasan yang tepat tanpa mengurangi khidmat dan kesakralan pernikahan tersebut. Apalagi saat ini tidak diperkenankan melakukan acara dengan mengumpulkan banyak orang, masjid bisa menjadi alternatif terbaik untuk hal tersebut.

susunan acaa pernikahan
susunan acaa pernikahan

Susunan Acara Akad di Masjid yang Perlu Diketahui

Meski belum bisa melakukan acara resepsi pernikahan secara ramai, Anda tidak perlu khawatir karena masih tetap bisa melaksanakan akad sebagai upacara keagamaan. Upacara tersebut bertujuan untuk mempersatukan keduanya menjadi sepasang suami dan istri di hadapan Tuhan Yang Maha Esa secara sah. Adapun susunan acara untuk akad di masjid, dikumpulkan oleh Hasana.id diantaranya yaitu:

  1. Pembukaan

Acara pembukaan biasanya akan dipandu oleh master of ceremony (pembawa acara). Pembukaan serangkaian acara akad akan dimulai dengan pembacaan bismillah. Tidak lupa juga berdoa supaya acara bisa berjalan dengan lancar dan penuh khidmat. Anda pasti juga ingin bahwa acaranya diberkahi Sang Maha Kuasa, maka pembukaan dan penutupan juga penting.

  1. Pembacaan Ayat-Ayat Al-Qur’an

Setelah acara akad di masjid dibuka, kemudian akan dilanjutkan dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an. Keluarga mempelai biasanya akan meminta seseorang yang ahli membaca Al-Qur’an dengan alunan yang indah dan merdu.

  1. Khutbah Pernikahan

Penghulu atau petugas KUA adalah yang biasanya bertugas dalam menyampaikan khutbah tentang pernikahan secara langsung. khutbah tersebut bertujuan untuk memberi bekal untuk kedua mempelai.

  1. Ijab Kabul

Ijab kabul adalah acara yang selalu ditunggu-tunggu semua orang. Wali mempelai wanita akan dinikahkan oleh walinya kepada mempelai laki-laki.

  1. Doa Nikah

Setelah selesai melaksanakan ijab kabul, penghulu akan memimpin doa untuk acara akad nikah tersebut. Anda juga bisa mengundang secara khusus seorang pemuka agama untuk membacakan doanya.

  1. Penandatangan Buku Nikah

Setelah Anda dan mempelai dinyatakan sah, selanjutnya kedua mempelai akan diminta tanda tangannya pada dokumen pernikahan seperti buku nikah.

  1. Penyerahan dan Penerimaan Mahar

Mempelai pria menyerahkan mas kawin atau maharnya. Mahar yang diberikan biasanya berupa seperangkat alat sholat dan nominal uang.

  1. Tukar Cincin

Acara tukar cincin pada umumnya dilakukan dengan kedua mempelai saling memasangkan cincin pernikahan. Cincin tersebut dipasang pada jari manis pasangannya.

  1. Nasihat tentang Pernikahan

Selain doa dan akad, acara akad pun juga membutuhkan nasihat tentang hak dan kewajiban sebagai seorang istri dan suami. Kedua mempelai akan diberikan pengetahuan tentang hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan ketika menjadi suami dan istri.

  1. Penutupan

Penutup pada acara akad biasanya dilaksanakan dengan pembacaan doa penutup, dan dilakukan oleh pemuka agama maupun penghulu yang hadir dalam acara tersebut.

Acara inti dari akad sendiri adalah ketika wali mempelai wanita menikahkan dengan mempelai pria. Sehingga susunan acara pernikahan di atas sebaiknya memang berurutan dan tidak ada yang terlewatkan. Anda pun perlu memperhatikan hal tersebut dengan benar supaya acara akad dapat berjalan dengan khidmat.

Post a Comment

0 Comments