Catat! Ini Daftar Buah yang Baik Untuk Kesehatan Gigi

Catat! Ini Daftar Buah yang Baik Untuk Kesehatan Gigi

Selain penting untuk menggosok gigi secara teratur, cara lain yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi adalah dengan mengonsumsi buah yang baik untuk kesehatan gigi. Ada beberapa jenis buah yang kaya kandungan vitamin diketahui baik untuk menjaga kesehatan gigi Anda. 

Apa sajakah buah – buahan tersebut? 

Berikut ini buah yang baik untuk kesehatan gigi dan perlu Anda konsumsi secara rutin demi membantu menjaga kesehatan gigi Anda. Let’s check these out!

Ini Buah yang Baik Untuk Kesehatan Gigi

Buah jeruk

Buah jeruk ini buah yang baik untuk kesehatan gigi dan sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari secara rutin. Kandungan vitamin C yang terdapat dibaliknya dapat membantu memperkuat pembuluh darah dan jaringan ikat. 

Kandungan nutrisi dibalik buah ini juga mampu membantu mengatasi penyakit gusi sehingga bagi Anda yang mengalami masalah kesehatan gusi, penyakit gusi Anda tidak sampai bertambah parah. Buah jeruk juga menjadi salah satu cara ampuh untuk mencegah sakit gigi dengan alami.

Buah strawberry

Selanjutnya ada buah strawberry yang juga direkomendasikan menjadi salah satu jenis buah yang dianjurkan untuk Anda konsumsi demi menjaga kesehatan pembuluh darah. Buah dengan ciri khas warna merah ini dapat membantu meredakan radang sehingga kesehatan gusi Anda akan terjaga. 

buah strawberry untuk kesehatan gigi
buah strawberry untuk kesehatan gigi

Sama halnya dengan buah jeruk, kandungan vitamin C yang tinggi di dalam buah strawberry juga bermanfaat untuk meningkatkan produksi kolagen sehingga penyakit periodontal dapat dilawan. 

Anda yang memiliki masalah dengan warna gigi yang kurang cerah, Anda dapat mencerahkan warna gigi dengan menggosok – gosokkan buah strawberry ke gigi Anda setiap pagi. Cukup satu buah saja dan jika dilakukan secara rutin, kandungan asam malat yang ada didalamnya dapat mencerahkan warna gigi Anda. 

Buah anggur

Buah anggur merupakan jenis buah yang kaya akan kandungan antioksidan dibaliknya. Kandungan antioksidan tersebut merupakan kandungan yang dapat melawan bakteri penyebab periodontal. Apa itu periodontal? 

Periodontal merupakan suatu infeksi serius pada gusi yang dapat merusak gusi serta menghancurkan tulang rahang jika tidak segera diobati. Oleh karena itu, Anda perlu mengobatinya dan sebelum penyakit tersebut Anda alami, Anda perlu mengonsumsi buah yang dapat mencegah terjadinya penyakit periodontal. 

Salah satunya adalah buah anggur yang didalamnya mengandung fungsi antosianin yang dapat mencegah menempelnya plak di permukaan gigi. Dengan mengonsumsi buah anggur secara rutin, resiko terjadinya kanker mulut juga dapat diminimalisir lho! Jadi, jangan lupa untuk mengonsumsinya.

Buah kiwi

Kandungan vitamin C didalam buah kiwi juga cukup tinggi sehingga buah ini terbukti menjadi salah satu jenis buah yang dapat membasmi bakteri di mulut dan meningkatkan asupan kolagen untuk mendukung kesehatan gusi dan gigi Anda. 

Buah cranberry

Cranberry merupakan jenis buah yang didalamnya mengandung antosianin dan kaya akan kandungan polifenol. Kandungan antosianin dan polifenol didalam buah cranberry tersebut dapat mencegah terbentuknya plak gigi sehingga dapat mengurangi resiko terjadinya gigi berlubang. 

Buah cranberry juga termasuk salah satu jenis buah yang secara efektif dapat menghambat tumbuhnya bakteri, terbentuknya plak dan mencegah kerusakan gigi. 

Buah semangka

Buah semangka merupakan salah satu jenis buah yang mendukung kesehatan gigi dan gusi karena buah yang satu ini kaya kandungan serat. Kadar air yang tinggi pada buah ini juga membantu memperbaiki produksi air liur sehingga dapat membuat mulut Anda akan terlindung dari partikel sisa makanan dan bakteri. 

Selain itu, kandungan antioksidan dan vitamin C didalamnya sangat efektif untuk membantu menghambat pembentukan plak atau pun karang gigi. Jadi, konsumsi buah ini secara rutin ya untuk kesehatan gigi dan gusi Anda. 

Buah apel

Selain kaya serat, buah apel juga memiliki kandungan air yang cukup banyak sehingga dapat membantu menjaga kesehatan gigi. Tekstur dari buah apel yang sedikit kasar juga dapat membantu membersihkan permukaan gigi dari sisa makanan termasuk plak dan karang gigi. 

Ini buah yang baik untuk kesehatan gigi dan wajib Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan gigi serta tentunya menjaga kesehatan gusi Anda. Semoga informasi yang kami berikan di atas menjadi ulasan yang bermanfaat ya!

Post a Comment

0 Comments