Gaya Hidup Sehat untuk Menangkal Jerawat

Jerawat pada wajah dan punggung tidak muncul begitu saja tanpa sebab. Ada banyak alasan mengapa bisul kecil itu membuat kulit jadi meradang dan kalau sudah parah bisa menghasilkan nanah. Salah satu penyebabnya adalah gaya hidup yang tidak baik dan dilakukan terus menerus.

gaya hidup anti jerawat
Gaya hidup sehat bisa menangkal jerawat

Kalau Anda merasa memiliki gaya hidup yang buruk dan jerawat akhirnya muncul tanpa bisa dibendung lagi, ubah segera. Anda bisa menyimak gaya hidup sehat di bawah ini agar jerawat yang cukup mengganggu itu hilang dan wajah kembali bersih tanpa ada peradangan atau flek bekas jerawat.

1. Tidur yang Cukup dan Berkualitas

Dengan tidur yang cukup, tingkat stres pada seseorang akan menurun hingga 14 persen. Selama ini stres adalah salah satu penyebab jerawat yang cukup susah dihindari. Stres menyebabkan hormon Glucocoticoid meningkat dengan tajam. Hormon ini menyebabkan keanehan pada kulit dan mengganggu fungsinya. Pada keadaan ini, jerawat jadi mudah muncul dan melakukan invasi.

Untuk menghindari tingkat stres tubuh meningkat, Anda wajib tidur mininal 6 jam sehari. Tidur yang Anda lakukan juga harus berkualitas sehingga kesegaran tubuh dan pikiran bisa kembali setelah bangun.

2. Memperbaiki Diet

Makanan yang masuk ke dalam tubuh juga menjadi salah satu pemicu menculnya jerawat. Kalau makanan yang masuk sehat dan memiliki nutrisi seimbang, jerawat tidak akan keluar. Namun, kalau kandungan lemak atau karbohidrat lebih banyak dari protein, kemungkinan jerawat muncul jauh lebih besar.

Agar jerawat yang menggangu tidak muncul dan membuat wajah jadi rusak, Anda harus memperbaiki diet. Sesuaikan jumlah makanan dan kalori yang masuk agar seimbah dan tidak berlebihan.

3. Lakukan Olahraga

Dengan hanya melakukan diet tidak akan membuat tubuh bisa bebas dari jerawat. Kalau metabolisme tubuh yang Anda miliki berjalan dengan lancar, mungkin olahraga bisa dilakukan seminggu 2 kali saja. Namun, kalau metabolisme tubuh Anda lambat, tubuh perlu melakukan olahraga minimal 3 kali seminggu agar jerawat tidak muncul.

Saat melaukan olahraga aliran darah dalam tubuh akan berjalan dengan lancar. Selain itu, oksigen di dalam darah juga mudah didistribusikan ke semua sel termasuk kulit. Dengan sel yang sehat, kemungkinan jerawat muncul akan semakin kecil. Bahkan dengan sering berolahraga peremajaan kulit akan terus terjadi sehingga Anda menjadi awet muda.

4. Gunakan Pelindung Kulit

Setiap hari kulit akan terpapas sinar matahari. Saat pagi hari, sinar matahari mungkin baik untuk kesehatan kulit dan tulang, tapi saat siang justru bisa membakar kulit. Untuk itu, Anda harus menggunakan krim pelindung kulit yang memiliki fungsi menangkal pembakaran atau menempelnya radikal bebas penyebab jerawat.

Meski Anda tidak sedang berada di pantai, memakai krim pelindung kulit tetap harus dilakukan meski tidak perlu terlalu banyak. Kalau Anda tidak memliki krim ini, sebisa mungkin memakai pakaian yang menurutupi hampir semua bagian tubuh yang terbuka saat berada di jalanan.

5. Minum Air yang Cukup

Air adalah komponen utama dari kulit. Kekurangan air akan membuat kulit jadi kering dan rusak. Selain itu kekurangan air juga membuat kulit mudah terinfeksi dan akhirnya muncul jerawat yang ukurannya cukup besar dan banyak.

Untuk menghindari jerawat yang cukup menggangu penampilan, Anda bisa minum air secara rutin. Satu hari minimal 7-8 gelas atau 2 liter. Dengan banyak minum air, racun yang ada di dalam tubuh akan mudah dibuang dan sistem sekresi bisa berjalan dengan lancar. Dampaknya, jerawat akan sulit berkembang.

6. Bersihkan Wajah Secara Rutin

Mau melakukan olahraga seminggu 5 kali atau melakukan diet yang seimbang, wajah bisa saja dihinggapi bakteri kalau tidak dibersihkan. Untuk itu, Anda harus rajin membersihkannya setiap pagi hari sebelum mandi, saat cuaca dengan buruk seperti berangin, setelah berada di jalanan yang penh polusi, dan sebelum tidur.

Dengan rajin membersihkan wajah, Anda tidak akan memberikan kesempatan jerawat untuk muncul. Kulit akan terus sehat, dan penampilan maksimal bisa terus dijaga.

Inilah gaya hidup sehat yang bisa mencegah munculnya jerawat. Semoga bermanfaat dan bisa dipraktikkan.

Leave a Reply

Close Menu