Pesan untuk Istri: Inilah Godaan seorang Laki-laki

Pekan lalu, ketika mengajar di Masjid Rajihi, membahas kitab Riyadhushshalihin bab “Hak Suami Yang Menjadi Kewajiban Isteri

Di akhir bab ini, pengarang kitab (Imam An-Nawawi) mencantumkan hadits,

“Tidak ada ujian sesudahku yang paling berat bagi laki-laki selain wanita.” (Muttafaq alaih)

Hadits ini umumnya oleh para ulama dipahami sebagi peringatan bagi laki-laki, juga wanita, agar berhati-hati menjaga pergaulan lawan jenis, karena fitnahnya sangat besar. Hal ini cukup dipahami.

Namun yang menarik perhatian saya, mengapa Imam Nawawi meletakkan hadits ini dalam bab “Hak suami yang menjadi kewajiban isteri?” Saya coba cari beberapa syarah kitab Riyadhushshalihin, namun karena keterbatasan bacaan saya, tidak saya dapatkan penjelasan yang menjelaskan korelasinya.

Saya mencoba-coba menyimpulkan alasan mengapa Imam Nawawi meletakkan hadits ini dalam bab tersebut. Kesimpulan saya adalah bahwa seorang isteri harus berusaha semaksimal mungkin melayani suaminya, baik dalam hal seksual, ketaatan, kebutuhan sehari-hari, dll yang menjadi kewajibannya dan merupakan hak suami, sehingga suami ridha dan sangat terkesan serta terawat cintanya.

Nah, jika demikian halnya, maka hal tersebut dapat membantunya untuk menghindari tawaran kemaksiatan di luar yang bersumber dari fitnah wanita. Ini artinya, ketaatan isteri terhadap suami dan perlakuannya yang menawan terhadap suami, bukan hanya bernilai ibadah yang utama, tapi juga membantu suami untuk terhindar dari godaan syahwat di luar.

Wallahu a’lam…

Penulis: Ustadz Abdullah Haidir

Leave a Reply

Close Menu