Fungsi Triclosan sebagai Anti Bakteri Pencegah Jerawat

Dalam dunia kecantikan dan juga kulit, triclosan bukanlah barang baru. Zat kimia yang dipekenalkan pertama kali pada tahun 1970-an ini mampu bekerja dengan baik sebagai agen anti bakteri. Mencampurkan bahan ini ke krim atau sabun anti jerawat akan membat kulit menjadi semakin sehat dan bebas dari bakteri atau penyakit berbahaya lainnnya.

Dewasa ini penggunaan triclosan sudah menyebar ke banyak sektor. Anda bisa dengan mudah menemukan sabun jerawat, krim perawatn kulit, hingga gel cuci muka. Dengan menggunakan kosmetik atau produk kesehatan yang memiliki kandungan triclosan, kulit akan selalu terjaga dan bersih setiap saat.

Oh ya, untuk memahami lebih jauh tentang fungsi dari triclosan, ada baiknya Anda menyimak beberapa uraian di bawah ini.

Agen Anti Bakteri Terbaik

Penciptaan triclosan adalah terobosan baru di dalam dunia kedokteran kulit dan kecantikan. Beberapa peneliti melakukan studi dan membuat formula yang tepat untuk menciptakan agen anti bakteri yang cocok untuk kulit. Agen ini bisa dicampur dengan beberapa bahan dan bisa digunakan oleh masyarakat secara bebas.

fungsi triclosan sebagai anti bakteri
Fungsi triclosan sebagai anti bakteri

Triclosan adalah bahan yang aman untuk penggunaan personal. Bahan ini akan menghilangkan bakteri yang ada pada kulit secara instan. Penggunaannya bisa dilakukan dengan mengoleskan sabun atau krim langsung ke kulit lalu dibasahi hingga berbusa. Setelah beberapa menit, busa bisa segera dibasuh dengan air hingga tidak menyisakan apa-apa.

Bahan anti bakteri yang terkandung pada triclosan membuat kulit selalu steril. Dampaknya, Anda tidak akan memiliki potensi mengalami peradangan kulit dan jerawat yang membandel tidak datang. Selama ini, jerawat selalu muncul pada kulit yang berminyak dan dipenuhi bakteri. Jadi, dengan membuat kulit selalu bersih, jerawat tidak akan hilang.

Saat ini bahan triclosan telah banyak digunakan di pasaran. Salah satu yang terbaik adalah Eclipse Soap Bar. Produk sabun anti jerawat ini mengandung bahan aktif anti bakeri triclosan yang akan membabat habis semua jerawat agar hilang dan kesehatan kulit kembali seperti sedia kala.

Mengurangi Pembengkakan Kulit

Bahan akti anti bakteri mungkin banyak digunakan oleh sabun jerawat atau krim perawatan kulit. Namun, tidak semuanya memiliki kemampuan menghilangkan atau mengurangi pembengkakan. Bahan yang ada di luar sana hanya mampu menghilangkan bakteri yang menempel pada kulit dan membuatnya jadi bersih dari steril.

Bahan yang cuma membersihkan bakteri saja tentu tidak cukup untuk menjaga kesehatan kulit. Bakteri bisa muncul kapan saja, selain itu efek kulit dalam menghadapi bakteri juga berbeda-beda. Ada yang tidak memiliki efek  apa-apa, ada juga yang langsung mengalami pembengkakan dan akhirnya kulit jadi berwarna merah.

Bahan triclosan yang merupakan agen anti bakteri ternyata memiliki fungsi ganda. Selain membuat kulit bebas dari bakteri, bahan ini juga mampu menghilangkan dan mengecilkan pembengkakan pada kulit. Dengan menggunakan produk berbahan triclosan, kulit akan sembuh dari jerawat dan pembengkakannya bisa ditanggulangi.

Fungsi ganda yang dimiliki oleh triclosan membuat bahan ini banyak digunakan sebagai bahan sabun anti bakteri. Anda bisa menggunakan produk dengan bahan ini untuk menjaga kulit agar tetap terlihat sehat dan jerawat tidak muncul lagi.

Cocok untuk Perawatan Kulit

Dengan fungsi ganda sebagai anti bakteri dan juga anti pembengkakan, bahan ini cocok untuk perawatan kulit. Bahan kulit yang sedang mengalami kondisi tidak sehat bisa diberi perawatan dengan produk berbahan triclosan. Beberapa kondisi yang bisa diberi perawatan adalah kulit terlalu kering, kulit alergi, dan kulit yang mengalami anomali akibat sistem kerja hormon.

Meski cocok untuk perawatan, penggunaan dari triclosan tetap harus dikontrol. Beberapa dokter kecantikan merekomendasikan bahan ini hanya untuk kerperluan perawatan dan juga kesehatan. Untuk pemakaian dalam bentuk kosmetik tidak diancurkan untuk menghindari efek samping.

Sekali lagi, bahan triclosan aman digunakan terutama untuk perawatan wajah dan juga penyembuhan jerawat. Jadi, Anda tidak perlu ragu lagi saat akan menggunakannya.

Inilah fungsi dari triclosan utamanya untuk mencegah jerawat muncul dan membuh bakteri yang ada pada kulit. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Close Menu